Sunday 27 March 2016

Cara Menentukan Iskemia Dan Infark Miokard Pada Pembacaan EKG

Bagaimana cara menentukan adanya tanda iskemia dan infark miokard pada pembacaan EKG? Caranya sangat mudah asal anda memahami dasar-dasar pembacaan EKG. Bagi anda yang belum memahami pembacaan EKG dapat melihatnya di Sini
Cara menentukan adanya iskemia dan infark miokard pada pembacaan EKG adalah sebagai berikut:
1.  Cara menentukan adanya iskemia miokard:
Bagi anda yang kebingungan apa itu iskemia miokard berikut akan kami jelaskan secara singkat kalau iskemia adalah suatu keadaan otot jantung yang mengalami kekurangan oksigen.

Cara menentukan adanya iskemia pada pembacaan EKG adalah: anda dapat melihat pada segmen ST yang gelombangnya mengalami depresi (penurunan) atau T yang biasanya terbalik.

2.  Cara menentukan adanya Infark Miokard:
Bagi anda yang bingung apa itu infark miokard kami akan jelaskan secara singkat, kalau infark miokard adalah sebuah keadaan dimana jantung mengalami kematian akibat kurangnya aliran darah yang membawa nutrisi penting ke jantung.
Cara menentukan adanya infark miokard pada pembacaan EKG adalah: adanya elevasi (peningkatan) segmen ST, lalu adanya gelombang Q patologis (gambaran Q yang kedalamannya melebihi 1/3 tinggi R.

Adapun untuk menentukan lokasi iskemia dan infark miokard digunakan ketentuan sebagai berikut:
a.  Jantung anterior (depan): kelainnya di V2 – V4
b.  Anteroseptal kelainnya di V1 – V3
c.   Jantung Anterolateral (depan samping) di I, AVL, V5 – V6)
d.  Jantung Inferior (Bawah) kelainnya di II, III dan AVF
e.  Jantung Posterior (Belakang) kelainannya di V1 – V2
f.    Extensive Anterior kelainannya di I, AVL,V1 – V6

Demikianlah cara menentukan adanya iskemik dan infark miokard pada pembacaan EKG. Dikesempatan selanjutnya kita akan membahas: Cara Membaca Adanya AV Blok Pada Hasil EKG . Bagi anda belum mengerti memasang EKG dapat membacanya di: Cara Menempatkan Elektrode/Sandapan Pada Pemasangan EKG . Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami pembacaan EKG. Amiin.

No comments:

Post a Comment