Sunday 11 September 2016

Tips Diet Untuk Penderita Hipertensi Yang Terbukti Ampuh Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering diderita masyarakat. Dimana jumlah kasus hipertensi meningkat setiap tahunnya di seluruh dunia. Jika tidak dirawat tepat waktu mungkin menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius, seperti: penyakit ginjal, masalah arteri, stroke dan gagal jantung.
Hipertensi untuk beberapa kasus bisa disebabkan faktor genetik yang diturunkan dari keluarga. Tapi dalam kebanyakan kasus penyebab tekanan darah tinggi adalah karena gaya hidup, stres dan kurang olahraga.
Anda mungkin mendapatkan beberapa saran dari teman dan kerabat, apa tindakan yang baik dan tindakan apa yang buruk bila mengidap tekanan darah tinggi. Anda mungkin kebingungan memilah mana saran yang benar mana saran yang kurang tepat.

Jadi apa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengendalikan hipertensi? Membawa perubahan dalam gaya hidup dan diet yang tepat dapat membantu dalam mengendalikan hipertensi.
Berikut adalah daftar 8 rencana diet yang tepat dalam mencegah hipertensi:
1.  Mengurangi asupan garam: Mengkonsumsi  garam berlebih sangat berbahaya bagi tekanan darah. Asupan garam berlebih membantu untuk mempertahankan air dalam tubuh, sehingga menyebabkan peningkatan tekanan darah. Oleh karena itu makanan yang mengandung garam tinggi seperti kecap dan minuman kaleng merupakan makanan yang harus dihindari sepenuhnya.

2. Membatasi makanan yang diproses:Makanan olahan seperti roti, daging olahan dan makanan yang dikemas adalah makanan harus dihindari. Karena hal ini dapat meningkatkan tingkat tekanan darah.
3. Mengurangi konsumsi minyak:Minyak yang kaya lemak akan meningkatkan tingkat kolesterol dalam darah dan hal ini juga dapat meningkatkan tingkat tekanan darah Anda.
4. Menghindari Alkohol: Alkohol kaya kalori. Ketika dikonsumsi berlebihan, alkohol tidak hanya meningkatkan berat badan, tetapi juga menyebabkan peningkatan tekanan darah. Hal ini juga menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
5. Membatasi minum kopi:Kandungan kafein dalam kopi menyebabkan peningkatan langsung dalam tingkat tekanan darah. Oleh karena itu konsumsi rutin kopi harus dihindari.
6. Berhenti merokok:Kandungan nikotin dalam rokok sangat buruk untuk kesehatan. Hal ini menyebabkan kenaikan tekanan darah dan mempersempit arteri.
7. Mengurangi makan produk hewani :Produk hewani seperti daging, daging olahan, telur dan mentega kaya akan lemak. Makanan ini meningkatkan kadar kolesterol jahat dan juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

8. Memilih biji-bijian untuk diet Anda: Biji-bijian kaya akan kandungan serat. Hal ini membantu untuk memecah kolesterol maupun lemak dan dapat mencegah penyimpanan lemak di dalam arteri. Hal ini akan membantu darah mengalir bebas dan mengurangi tekanan darah.

No comments:

Post a Comment