Wednesday 25 May 2016

Begini Pemasangan EKG 15 Sandapan Dan EKG 12 Sandapan Sisi Kanan

Bagaimana cara memasang V7, V8, V9 pada sandapan atau elektrode EKG? itulah beberapa pertanyaan yang muncul di mesin pencarian google pada website ini. Sebelum membahas hal tersebut, marilah kita tengok beberapa cara pemasangan EKG dari pemasangan EKG 12 sandapan (yang biasa dipasang), EKG 12 sandapan sisi kanan dan EKG 15 sandapan.
Untuk pemasangan EKG 12 sandapan dapat anda lihat di  Sini . Pada kesempatan kita kali ini kita akan membahas pemasangan EKG 12 sandapan sisi kanan dan EKG 15 sandapan, dimana didalam pemasangan tersebut terselip cara pemasangan V7, V8 dan V9 pada EKG.

Cara Pemasangan EKG 12 Sandapan Sisi Kanan:
Selain pemasangan EKG 12 sandapan, ada juga pemasangan EKG 12 sandapan sisi kanan. Dimana pemasangan EKG 12 sandapan sisi kanan ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas bioelektrik jantung disebelah kanan, misalnya jika dicurigai adanya infark miokard ventrikel kanan atau dekstrokardia.
Dimana pemasangan sandapan/elektrode pada ekstremitas sama dengan EKG 12 sandapan biasa, dan pemasangan sandapan prekordial (V1, V2, V3, V4, V5 dan V6) dipasang terbalik/berlawanan dengan elektrode sisi kiri.
Berikut beberapa elemen dari sandapan prekordial sisi kanan (terbalik):
V1R: Penempatan pada sisi kiri sternum di sela iga keempat
V2R: Penempatan sisi kanan sternum di sela iga keempat
V3R: Pemasangan di antara V2R dan V4R
V4R : Pemasangan di garis midklavikular kanan di sela iga kelima
V5R: Penempatan di garis aksilaris anterior kanan setinggi V4
V6R: Penempatan di garis midaksilaris kanan setinggi V4
Pemasangan EKG 15 Sandapan:
Dalam beberapa kasus ada beberapa area yang tidak mampu diperlihatkan oleh Ekg 12 sandapan seperti dinding ventrikel kanan dan dinding posterior dari ventrikel kiri.
Penilaian EKG 15 sandapan ini sangat membantu dalam pencitraan adanya kelainan, seperti: infark miokard ventrikel kanan.
EKG 15 sandapan terdiri dari EKG 12 sandapan ditambah dengan sandapan V4R, V8 dan V9.
Berikut beberapa elemen dari sandapan elektrode positif:

V4R: Ditempatkan di garis midklavikular kanan di sela iga kelima
V7: Ditempatkan digaris aksilaris posterior setinggi V4
V8: Ditempatkan digaris midskapular kiri (posterior) pada sela iga kelima
V9: Ditempatkan di antara V8 dan kolumna spinalis pada sela iga kelima (posterior)
 Untuk merekam aktivitas bioelektrik dinding posterior jantung: dapat dipasang 3 sandapan posterior tambahan, yaitu: V7, V8 dan V9. Untuk pelajaran selanjutnya kita akan mempelajari Cara Membaca Old Miokard Infark (OMI) Pada Hasil EKG

No comments:

Post a Comment