Saturday 27 February 2016

Cara Menentukan Axis Jantung (Sumbu Jantung) Pada EKG

Cara mudah membaca EKG – di materi sebelumnya, kita telah mempelajari Cara Menentukan irama jantung . Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menentukan sumbu jantung (axis jantung). Hal ini sangat penting dilakukan, karena dengan menentukan sumbu jantung kita jadi tahu apakah posisi jantung normal atau justru ada kelainan.
Berikut cara praktis dan mudah dalam menentukan axis jantung:
Untuk menentukan sumbu jantung, kita terlebih dahulu harus mengetahui nilai normal dari sumbu jantung. Nilai dari sumbu jantung adalah: - 300 sampai + 1100
Bagaimana caranya kita menilai sumbu jantung? Caranya dengan melihat 2 lead yang berbeda, yaitu pada lead I dan Lead AVF. Lalu, apa yang dilihat pada lead I dan Lead AVF tersebut? Yang kita lihat adalah: QRS –nya.

Apabila hasil QRS pada sumbu jantung:
Pada lead I positif dan lead AVF positif maka : Aksisnya Normal
Pada lead I positif dan lead AVF negatif maka: Devisiasi aksis ke kiri dengan sudut -30 derajat sampai -90 derajat.
Pada lead I negatif dan lead AVF positif maka: Deviasi aksis ke kanan dengan sudut +110 derajat sampai +180 derajat
Pada lead I negatif dan lead AVF negatif maka: Deviasi aksis ekstrem ke kanan dengan sudut -90 derajat sampai +180 derajat

Jadi jika aksisnya normal berarti arah aliran listrik berada dalam rentang yang normal. Jika terjadi devisiasi aksis ke kiri maupun ke kanan, sebabnya kemungkinan besar adalah:
1.  Penyebab Devisiasi aksis ke kiri
Left anterior hemiblock (penyebab utama)
Diafragma letak tinggi
Asites (pembengkakan)
Emfisema
Tumor di area perut
Jantung normal (kadang-kadang)
2.  Penyebab Devisiasi aksis ke kanan:
Hipertropi ventrikel kanan (pembesaran pada ventrikel sebelah kanan)
Leff Posterior hemiblock
RBBB (Right Bundle Branch Block)
Irama ektopik ventrikuler
Demikianlah cara menentukan axis jantung pada pembacaan hasil EKG. Pada kesempatan selanjutnya kita akan membahas Cara Mudah Membaca Pembesaran Atrium Jantung pada pembacaan hasil rekam jantung (EKG).

2 comments:

  1. Hargailah kerja keras orang dalam membuat konten ini, Anda dengan seenaknya mengambil karya orang lain. Tolong hapus blog ini, jika dalam waktu 1 minggu blog ini tidak hapus akan saya laporkan pada pihak yang berwenang.

    ReplyDelete